Elektronik
Riger  

Kenali Jenis dan Fungsi Penangkal Petir

Secara statistik fungsi penangkal petir untuk rumah atau gedung umum sangatlah berguna. Petir muncul resiko dari cuaca yang ekstrim saat ini. Apalagi bila kamu memiliki tempat tinggal yang beresiko tinggi sering terjadi petir, yang kamu butuhkan saat ini adalah alat penangkal petir.

Alat penangkal petir ini dipasang untuk mengurangi resiko sambaran yang bisa merusak bangunan. Perlu diwaspadai bila kamu menempati rumah di kawasan sempit, dekat dengan pohon-pohon dan gedung-gedung tinggi biasanya mempunyai tingkat sambaran petir yang tinggi pula. Ada tiga macam penangkal petir yang sering digunakan, antara lain sebagai berikut.

 

Penangkal Petir untuk Rumah

Penangkal petir rumah adalah suatu alat untuk menampung atau mengurangi resiko terjadinya loncatan arus dari sambaran petir. Biasanya penangkal petir ini digunakan untuk rumah yang memiliki lantai lebih dari 2 dan diwilayah yang sempit. Karena cara kerja penangkal petir ini cenderung pasif yang hanya menunggu petir datang untuk menyambar ujung alat ini. Biasanya alat ini berbentuk seperti tiang dengan kabel konduktor.

  • Penangkal Petir Kurn

Penangkal petir kurn adalah penangkal petir asli buatan Indonesia. Penangkal petir ini sudah bersertifikat standar keamanan dalam menangkap sambaran petir dan sudah berlabel SNI. Radius proteksi milik kurn bisa mencapai 85 meter sampai 150 meter.

  • Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal jenis ini menggunakan sistem Early Steamer Emission supaya lebih efektif dalam menangkap arus petir. Di dalam penangkal petir ini memiliki alat tambahan guna menyimpan elemen positif dalam jumlah yang besar dari dalam tanah. Alat tersebut bernama Head Terminal yang ujungnya terdapat Splitzen biasanya alat ini dipasang tanpa menggunakan kabel di tempat yang tinggi untuk dapat menjangkau tempat yang luas.  

Ada banyak fungsi penangkal petir yang kamu perlu ketahui antara lain :

1. Bisa Menangkap Arus Petir

Melalui system Air Terminal Unit yang dapat dengan cepat menangkap sambaran petir. Dalam sistem ini kamu juga bisa menghitung secara tepat jumlah besaran petir yang ditangkap.

2. Bisa Menyalurkan Arus Sambaran Petir

Bila kamu memasang alat penangkal petir di rumahmu maka saat terjadi sambaran petir arus yang dikeluarkan tidak akan menyambar bangunan lain di sekitar rumah. Arus dari sambaran petir tadi langsung diarahkan ke saluran bumi atau grounding.

3. Bisa Menampung Arus Petir

Yang ketiga fungsi penangkal petir yang lain adalah bisa menampung arus petir dalam sistem grounding dalam tanah lebih dari 5 Ohm. Hal ini supaya mengurangi step potensi dan sepenuhnya akan terserap oleh tanah.

4. Perlindungan dari Grounding System

Sering disebut juga proteksi Grounding System ini merupakan fungsi penangkal petir agar tidak terjadi integrasi dan rebounding system saat terjadi sambaran petir.

5. Perlindungan di Jalur Listrik

Fungsi selanjutnya adalah melindungi jalur listrik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada instalasi listrik, dengan kata lain supaya tidak terjadi korsleting penyebab kebakaran.

6. Perlindungan di Jalur PABX

Berguna untuk melindungi semua jaringan telepon, jaringan data dan juga sinyal pesawat telepon hingga faksimile.

7. Perlindungan Di Jalur Elektronik

Yang berfungsi untuk melindungi semua alat maupun perangkat elektrinik seperti CCTV, Parabola, TV, Kulkas dan lain-lain menggunakan surge arrester elektronik.

 

Demikian tentang fungsi penangkal petir beserta jenis-jenisnya, semoga bisa bermanfaat dan berguna buat kamu.