Musik
Riger  

Mengenal Harmonisasi Vokal

Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya! Kali ini kita mau ajak kamu belajar teori olah vokal yang gampang-gampang susah. Bisa begitu? Iya, soalnya yang bakal kita pelajari di artikel kali ini adalah tentang harmonisasi vokal. Kenapa gampang-gampang susah? Soalnya Takterlihat susah tapi pas sudah prakteknya biasanya susah. Mari coba dulu!

Pertama-tama, kita harus tau dulu apa yang dimaksud dengan harmonisasi vokal. Harmonisasi vokal dalam musik maksudnya adalah memecah suara menjadi beberapa bagian (biasanya maksimal tiga). Jangan salah memahami pembagian harmonisasi dengan pembagian karakter SATB!

Karena Memecah harmoni vokal itu butuh pemahaman mendalam soal solfege, sedangkan pemahaman SATB itu digunakan ketika membagi karakter vokal dalam kategori untuk kor/choir. Dari mana kita mulai belajar memecah vokal supaya jago harmonisasi? Kita coba dari awal.

Yang harus kamu lakukan sebelum belajar harmonisasi vokal adalah mempelajari solfege dulu. Kenapa harus begitu? Karena untuk bisa membedakan alur vokal utama dengan vokal nada dua dan tiga, kamu baru bakal bisa lakuin kalau sudah menguasai solfege dan paham pembentukan chord lagu.

Misalnya dalam membentuk chord C mayor, not nada yang harus dimainkan adalah C, E dan G. Maka berarti not C berfungsi sebagai do, not E berfungsi sebagai mi, not G berfungsi sebagai sol. Kamu yang sudah belajar solfege pasti paham sampe sini. Bagi yang belum, coba cari artikel kami tentang solfege.

Untuk belajar harmonisasi vokal setelah menguasai solfege, sebenarnya kalau secara teori Takterlihat susah. Gimana caranya? Yaitu dengan menyanyikan dulu nada utamanya. Misalnya seperti contoh di atas, lagunya dinyanyikan dari chord C. Terus suara vokal keduanya dinyanyikan dari not E sebagai mi dan suara ketiganya dinyanyikan dari not G sebagai sol. Kamu bakal sangat butuh alat musik seperti piano atau gitar untuk mempraktekkan teori ini.

Setelah kamu paham, coba deh nyanyiin lagu dari nada aslinya yang kamu dengar. Misalnya nada aslinya dari chord C, kamu coba rekam nyanyian readers dengan nada itu. Tidak perlu sampai selesai, mungkin satu bait atau satu bagian lagu saja. Setelah itu ulangi bagian yang sama tapi nyanyikan di nada mi yang dalam hal ini diwakili not E, selanjutnya diulang lagi dengan nada sol yang diwakili not G.

Genre acapella paling banyak pake kombinasi pemecahan suara harmonisasi do mi sol seperti ini di samping pemecahan suara berdasarkan karakter vokal SATB. Salah satu vokal grup pop yang bisa kita jadikan referensi untuk belajar pemecahan suara di antaranya adalah Westlife. Pasti Takterlihat pecah suaranya kan?

Walaupun Westlife banyak pakai pemecahan suara, bukan berarti kamu cuma perlu dengerin Westlife saja. Karena sebenarnya banyak banget musisi yang pake pemecahan suara dengan harmonisasi seperti gini, tapi proporsinya nggak sebanyak Westlife karena memang pada dasarnya pemecahan suara seperti ini adalah senjata utamanya Westlife sebagai vokal grup.

 

Gimana? sudah paham? Selamat! kamu pastinya tambah pintar minimal hanya dengan paham dulu teorinya. Selanjutnya tinggal dilatih terus saja.