Pendidikan
Riger  

Bagaimana Cara Membuat Makalah? Begini Caranya

Ketika sudah masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya seorang siswa akan diberikan suatu tugas karya ilmiah dan tugas itu lebih dikenal dengan nama makalah. Dalam membuat tugas makalah ada yang dikerjakan secara individu dan ada juga yang dikerjakan secara kelompok. Sementara itu, tema makalah akan diberikan oleh guru, sehingga terkadang ada yang mendapatkan tema yang sama. 

Waktu yang diberikan oleh guru untuk mengerjakan makalah seringnya selama 1 minggu, misalnya tugas diberikan pada hari Rabu, maka rabu depan makalah sudah harus dikumpulkan. Oleh karena itu, dalam mencari materi atau sumber data untuk makalah harus dilakukan dengan cepat dan tepat agar bisa menghasilkan makalah yang baik. 

Ketika makalah dikerjakan secara kelompok, sebaiknya setiap anggota kelompok dapat mengerjakan tugas-tugasnya masing-masing. Dengan kata lain, bukan hanya beberapa anggota kelompok saja yang membuat makalah. Dengan begitu, tugas makalah akan mudah diselesaikan dengan baik dan benar. 

Struktur Makalah

  1. Cover
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. Bab I: Pendahuluan
  5. Bab II: Pembahasan
  6. Bab III: Penutup
  7. Daftar Pustaka

 

Cara Membuat Makalah

Setiap menyusun makalah pasti dibutuhkan langkah-langkah agar menghasilkan makalah yang baik. Simak cara membuat makalah sebagai berikut.

1. Menyiapkan Sumber Data dan Sumber Informasi

Makalah yang baik selalu berasal dari sumber data dan sumber informasi yang baik juga. Dengan kata lain, membuat makalah harus berdasarkan data-data yang bisa dipertanggungjawabkan, seperti suatu riset, atau data dari buku. 

Selain itu, di zaman yang serba internet bisa dibilang kalau untuk mencari sumber data sangatlah mudah karena tidak harus ke perpustakaan dan kamu bisa mendapatkannya dari rumah. Apalagi, sekarang sudah ada ipusnas atau perpustakaan nasional online. Alangkah baiknya, setiap sumber data dan informasi dicatat terlebih dahulu agar ketika menulis pembahasan makalah dapat dilakukan dengan lancar. 

2. Membuat Kerangka Makalah

Setelah mendapatkan sumber data dan informasi, kemudian kamu membuat kerangka makalah. Dalam langkah ini, kamu bisa merangkai kalimat-kalimat yang sesuai dengan kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Dalam membuat kerangka makalah selain sesuai dengan kaidah PUEBI, kamu juga perlu menyesuaikannya dengan struktur makalah.

3. Menulis Makalah Sesuai dengan Strukturnya

Setelah membuat kerangka makalah berdasarkan struktur makalah, maka langkah selanjutnya adalah membuat makalah. Dalam pembuatan makalah, kamu atau kelompok kamu harus bisa menjelaskan suatu pembahasan dengan baik, sehingga pembaca dapat menerima informasinya dengan mudah.

Setiap pembahasan, harus berasal dari sumber data dan informasi yang sudah didapatkan sebelumnya. Tidak hanya itu, untuk pemilihan judul makalah harus sesuai dengan isi atau pembahasan makalah yang telah dibuat. Bahkan, teknik penulisan makalah sebisa mungkin sesuai dengan kaidah PUEBI. 

4. Mengecek Kembali Hasil Makalah

Meskipun sudah selesai membuat makalah, tetapi kamu perlu mengeceknya kembali agar mengetahui hal-hal apa saja yang perlu ditambahkan dan apa yang perlu dikurangi. Dengan begitu, makalah yang sudah dibuat akan semakin bagus lagi, sehingga pembaca dapat memahami setiap informasi dan data dengan mudah.

Makalah termasuk ke dalam karya ilmiah, sehingga ketika membuatnya dibutuhkan sumber-sumber data dan informasi yang nyata. Setiap sumber tersebut akan mempengaruhi kualitas dari makalah itu sendiri. Kemudian, setiap sumber-sumber itu harus dicantumkan di daftar pustaka yang letaknya ada di bagian akhir makalah. 

 

Dengan memasukkan daftar pustaka menandakan bahwa kamu sudah menghargai karya ilmiah orang lain. Oleh sebab itu, dalam membuat makalah jangan lupa untuk menulis daftar pustaka. 

Baca juga: Cara Membuat Makalah

Demikian, pembahasan tentang cara membuat makalah yang sudah dijelaskan di atas. Supaya kamu lebih mudah dalam membuat makalah dan hapal hal-hal apa saja yang ada di dalam makalah, maka perlu latihan beberapa kali. Jadi, apakah kamu sudah mulai berlatih untuk membuat makalah?

Sumber: https://bintangtrainer.com