Pendidikan
Riger  

Cara Mengecek Sinta pada Publikasi Jurnal Nasional 2020

Salah satu kewajiban setiap mahasiswa perguruan tinggi, dosen, hingga kalangan peneliti adalah melakukan kegiatan penelitian dan mempublikasikan hasilnya. Selanjutnya, hasil penelitian tersebut dapat mereka unggah pada publikasi jurnal nasional 2020 maupun tahun-tahun setelahnya.

Berbicara masalah publikasi jurnal nasional, Anda mungkin akan sering menemukan istilah jurnal terakreditasi Sinta. Apa itu akreditasi Sinta? Apakah jurnal di Google Scholar mempunyai Sinta yang bagus? Anda dapat mencari tahu jawabannya di bawah ini!

 

Apa Itu Sinta?

Sinta atau Science and Technology Index merupakan indeks dalam publikasi hasil penelitian yang diciptakan untuk mengukur performa dari pihak peneliti, penerbit, maupun institusi iptek berskala nasional. Jadi, pengkategorian berdasarkan Sinta hanya berlaku di negara Indonesia saja.

Singkatnya, publikasi jurnal nasional 2021 terakreditasi Sinta merupakan jenis artikel ilmiah yang sudah mendapatkan akreditasi resmi dari sistem Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA).

Tim yang mengelola sistem akreditasi ARJUNA sendiri adalah pihak Ristek BRIN atau Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Selain itu, Sinta memiliki tingkatan jurnal akreditasi nasional yang terdiri dari Sinta 1 (S1), S2, S3, S4, S5, dan S6. Semakin tinggi level Sintanya, maka semakin bagus kualitas jurnalnya. Adapun, rincian dari masing tingkatan Sinta tersebut antara lain:

  • Sinta 1: akreditasi A, nilai jurnal 85-100, umumnya sudah terindeks Scopus
  • Sinta 2: akreditasi B, rentang nilai 70-85
  • Sinta 3: rentang nilai 60-70
  • Sinta 4: rentang nilai 50-60
  • Sinta 5: rentang nilai 40-50
  • Sinta 6: rentang nilai 30-40

Penentuan nilai Sinta tersebut ditentukan oleh tim asesor ARJUNA yang terdiri dari 4 orang. Dua orang sebagai penilai konten dan dua orang lainnya bertugas menilai kualitas manajemennya.

 

Cara Mengecek Sinta pada Publikasi Jurnal Nasional 2020

Bagi Anda yang bertanya-tanya tentang berapa Sinta dalam publikasi jurnal cepat dan gratis maupun jurnal-jurnal yang ada di Google Scholar, silakan ikuti cara pengecekannya pada penjelasan di bawah ini!

  • Buka situs sinta kemendikbud
  • Pada kolom menu di bagian atas, pilih SOURCES lalu klik JOURNALS
  • Ketik nama jurnal di kolom pencarian, lalu klik Advance Search
  • Setelah nama jurnal yang Anda ketikkan muncul di hasil pencarian, maka Anda akan langsung menemukan tingkatan Sinta yang dimiliki oleh jurnal tersebut

Selain itu, situs Sinta Ristek BRIN juga bisa Anda gunakan untuk mencari jurnal ilmiah dengan kategori Sinta yang Anda inginkan. Praktis, bukan!