Pendidikan
Riger  

Pemberian Tawas Pada Air Minum Dimaksudkan Untuk? Cek Disini untuk Jawabannya

Pemberian tawas pada air minum bertujuan untuk mengurangi kontaminasi bakteri atau mikroorganisme pada air tersebut, sehingga air tersebut lebih aman untuk dikonsumsi. Tawas merupakan salah satu produk kimia yang dapat digunakan untuk mensterilisasi air, karena dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme yang ada pada air. Namun, perlu diingat bahwa tawas tidak bisa menghilangkan kontaminan lain seperti logam berat, pestisida, dan lain-lain, jadi pastikan untuk memilih sumber air yang bersih dan terpercaya.

Tawas umumnya tersedia dalam bentuk bubuk atau tablet yang mudah di dapat di toko kelontong atau di apotek. Cara pemakaiannya cukup mudah, hanya perlu menambahkan tawas ke dalam air yang akan dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Setelah ditambahkan, biarkan air tersebut mengendap selama beberapa menit hingga tawas terlarut dengan sempurna. Selanjutnya, air tersebut siap untuk dikonsumsi. Perlu diingat, jangan mengonsumsi air yang mengandung tawas melebihi dosis yang dianjurkan, karena dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare.

Selain tawas, ada juga beberapa produk kimia lain yang dapat digunakan untuk mensterilisasi air, seperti klorin dan karbon dioksida. Klorin adalah salah satu pilihan yang populer untuk mensterilisasi air, karena dapat membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lain dengan cepat. Klorin tersedia dalam bentuk tablet atau cairan yang mudah di dapat di toko kelontong atau di apotek. Cara pemakaiannya sama dengan tawas, yaitu dengan menambahkan klorin ke dalam air yang akan dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Namun, perlu diingat bahwa klorin dapat meninggalkan bau yang tidak enak pada air, sehingga sebaiknya dicampur dengan air dalam jumlah yang cukup banyak sebelum dikonsumsi.

Karbon dioksida juga dapat digunakan untuk mensterilisasi air, terutama air yang tercemar oleh bakteri dan mikroorganisme. Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan karbon dioksida ke dalam air yang akan dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Namun, perlu diingat bahwa karbon dioksida tidak dapat membunuh virus, sehingga tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya metode sterilisasi air.

Selain produk kimia, air juga dapat dibuat steril dengan cara memasaknya sampai mendidih selama beberapa menit. Cara ini merupakan metode sterilisasi yang aman dan efektif, karena dapat membunuh semua jenis mikroorganisme yang ada pada air. Namun, perlu diingat bahwa cara ini tidak dapat menghilangkan kontaminan lain seperti logam berat, pestisida, dan lain-lain.

Sumber: https://sukangoding.com/