Gadget
Riger  

Cara Memblokir Pengguna WIFI Indihome

Bagi pengguna wifi indihome, sudah sepatutnya untuk menjaga keamanan sendiri dari wifi indihomenya. Menjaga keamanan tentu menjadi sesuatu yang wajib untuk menghindari terjadinya pencurian kuota dari wifi tersebut.

Bahkan, ada juga pengguna asing yang dapat seenaknya menggunakan wifi indihome pribadi. Namun, bagaimana cara memblokir pengguna wifi indihome asing tersebut?

Melihat Pengguna Aktif

Melihat pengguna aktif berguna untuk mengetahui perangkat apa saja yang terhubung pada koneksi wifi. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kecepatan jaringan internet yang dapat dijangkau.

Jika pengguna wifi terlalu banyak, apalagi penggunanya adalah pengguna asing, maka dapat memperlambat kecepatan jaringan internet. Selain itu juga dapat menguras kuota wifi secara cepat.

Melihat pengguna aktif memiliki beberapa manfaat yaitu menjaga kecepatan internet agar tetap stabil, dan mengatur kuota wifi supaya terkendali. Hal itu dapat membuat kuota internet pemilik wifi tetap berada dalam batas wajar dan kecepatan jaringan pun terjaga. Selain itu juga manfaat lainnya adalah menyesuaikan perangkat yang terkoneksi.

Cara Memblokir Pengguna Wifi Indihome

Berikut ini akan dipaparkan mengenai langkah-langkah untuk memblokir pengguna wifi indihome. Cara dibawah ini cukup mudah untuk dilakukan sehingga dapat meminimalisir penggunaan wifi oleh pengguna-pengguna asing yang tak bertanggungjawab.

1. Membuka Browser

Langkah pertama yaitu membuka browser. Disini pemilik wifi akan masuk ke sebuah website untuk dapat memblokir pengguna asing. Bukalah browser dari perangkat yang digunakan, lalu masukkan IP address yang sesuai dengan wifi indihome yang saat itu sedang digunakan. Tunggu sampai menampilkan halaman utama. Selanjutnya masukkan username dan password untuk masuk.

2. Mencari Pengguna Asing

Langkah kedua yaitu mencari pengguna asing. Setelah melakukan langkah pertama dan telah masuk ke dalam website, pada halaman selanjutnya pilihlah menu “Wifi Devices”. Ini untuk mengetahui banyaknya perangkat yang tersambung pada koneksi internet wifi indihome pemilik.

Dari situ, dapat dilihat pengguna wifi mana saja yang menurut pemilik wifi adalah perangkat yang asing dan tidak dikenali. Carilah pengguna asing yang akan diblokir, lalu salin MAC Address.

3. Membuka Wifi MAC Filtering

Cara memblokir pengguna wifi indihome selanjutnya adalah membuka wifi MAC Filtering. Caranya, setelah pemilik wifi menyalin MAC Address, masuklah ke menu “Advanced” yang terletak di bagian atas. Berikutnya adalah setelah masuk ke menu “Advanced”, buka tab “Security”, kemudian pilih menu “Wifi MAC Filtering”. Disana akan ditampilkan sebuah kotak untuk menempelkan MAC Address.

4. Menempelkan MAC Address

Langkah terakhir yaitu klik centang yang berada di sebelah kanan Enable WLAN MAC Filter dan pada Filter Mode. Periksa kembali bahwa disana tertulis “Blacklist”. Apabila sudah memblokir, berikutnya klik “New” lalu tempel MAC Address di kolom Source MAC Address. Kemudian, klik “Apply”. Jika sudah melakukan sampai tahap ini, maka pemilik wifi sudah berhasil memblokir pengguna tersebut.

Pengguna wifi yang diblokir tidak dapat lagi menggunakan akses wifi. Walaupun pengguna asing tersebut mengetahui username dan kata sandi, tetap saja tidak akan bisa menggunakan wifi indihome lagi. Tentu hal ini akan menguntungkan pemilik wifi agar kuota wifinya tidak berkurang cepat dan kecepatan jaringan pun bisa stabil kembali.

Beberapa cara yang dipaparkan di atas dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Dengan cara memblokir pengguna wifi indihome yang asing, maka dapat menghemat penggunaan wifi. Selain itu, pemilik wifi pun bisa menggunakannya kembali dengan bebas tanpa hambatan jaringan internet.

Sumber: bidangtekno.com