Teknologi
Riger  

Yuk Cari Tahu Cara Ekstrak File Part yang Sangat Mudah Dilakukan

Terkadang melakukan proses download berbagai macam file besar di internet terutamanya file instalasi game tentunya membutuhkan kecepatan internet yang tinggi dan juga stabil, supaya proses download lancar. Karena mempunyai ukuran yang besar, biasanya penyedia link download file baik itu software, game atau lain sebagainya menyediakan part link sebagai gantinya. Part link ini merupakan link yang bisa kamu gunakan untuk melakukan download file yang mempunyai ekstensi .part01, .part02, dan seterusnya.

Berbagai macam file tersebut merupakan file yang mempunyai ukuran besar dan sudah dipisahkan menjadi beberapa bagian supaya sizenya menjadi kecil dan agak ringan untuk didownload. File yang dibuat terpisah ini bertujuan juga untuk menghindari gagal download karena ukuran file yang terlalu besar. Setelah semua bagian file tersebut berhasil didownload muncul permasalahan baru, yaitu kebanyakan orang tidak atau belum mengetahui cara menyatukan file yang dipisahkan tersebut.

Oke, jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap dan juga detail tentang bagaimana cara ekstrak file part.

1. Menggunakan aplikasi 7Zip

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi 7Zip. Bisa dibilang cara kerja dan juga tampilan dari aplikasi ini sangat sederhana. Oleh karena itu bisa digunakan oleh pemula sekalipun dengan sangat mudah.

Terdapat beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa menggunakan aplikasi 7Zip ini untuk melakukan ekstraksi file part, yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa part yang kamu download berada dalam satu folder yang sama.
  • Selanjutnya kamu bisa melakukan blok seluruh file yang sudah kamu download dengan cara CTRL+A. Dengan cara ini kamu akan bisa mendownload semua file yang sudah kamu download.
  • Klik kanan dan pilih menu apa saja yang menunjukan tentang proses ekstraksi. Hal ini tentu saja tergantung dari aplikasi yang digunakan. Dalam contoh ini adalah 7Zip > Extract file.
  • Kemudian pilih lokasi tempat penyimpanan file yang akan kamu gabungkan.
  • Masukkan password jika hal ini dirasa dibutuhkan.
  • Klik OK
  • Selesai

Jika kamu ingin mengetahui tentang cara ekstrak file part dengan lengkap dan juga mudah untuk dilakukan, maka kamu bisa mengunjungi situs teknozone.id. Pada saat ini memang situs Tekno Zone merupakan salah satu situs teknologi yang bisa dibilang menyediakan informasi paling lengkap seputar teknologi dan terbaik.

2. Menggunakan Aplikasi WinRAR

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi WinRAR. Secara garis besar fungsi dan juga cara kerja dari aplikasi ini sebenarnya hampir sama dengan 7Zip.

Jika kamu belum mempunyai aplikasi ini silahkan kamu bisa mendownloadnya di website resmi dari WinRAR. Jika aplikasi sudah berhasil diinstall, silahkan kamu bisa mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  • Pertama letakan file part menjadi 1 folder yang sama sama seperti yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi 7Zip di atas.
  • Langkah kedua adalah melakukan klik kanan pada file part 1 kemudian pilih extract here.
  • Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menunggu hingga prosesnya selesai.
  • Jika sudah selesai, maka file part yang sudah kamu download sebelumnya akan berada di 1 folder yang sama.
  • Selesa