Tips
Riger  

Tips Negosiasi dengan Penjual Rumah di Depok

Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah, itu artinya keputusan jangka panjang dan resikonya cukup tinggi. Untuk itu perlu negosiasi yang tepat dengan pemilik rumah dijual di Depok agar menguntungkan dan nyaman untuk tempat tinggal.

Kenali terlebih dahulu cara bernegosiasi dengan penjual rumah, negosiasi ini memiliki peranan yang cukup penting. Apalagi bagi Anda yang berencana untuk membeli rumah secara tunai atau membeli rumah bekas.

Dengan melakukan negosiasi setidaknya akan mendapatkan harga sesuai keinginan dan kemampuan Anda.

Tips Negosiasi dengan Penjual Rumah

1. Tahu Harga Pasaran

Ketika menemukan sebuah rumah yang akan Anda beli, maka pastikan cocok dengan harga yang ditawarkan penjual rumah.

Untuk mengetahui cocok atau tidaknya, sangat dianjurkan untuk mengetahui terlebih dahulu harga pasaran rumah sesuai tipe atau ukuran di daerah tersebut. Kemudian jangan mengabaikan kondisi rumah agar harganya sesuai.

2. Kontrol Emosi

Apakah poin yang kedua ini penting? Tentu saja, terutama ketika melihat rumah dijual di Depok yang harus Anda nilai secara objektif.

Ketika Anda terlalu terbawa perasaan dimana sangat menyukai rumah tersebut, hal ini justru mengganggu proses negosiasi. Justru harga rumah tidak akan mengalami penurunan karena penjual mengetahui Anda menyukainya.

3. Harus Siap Berkompromi

Anda harus memahami bahwa tidak ada negosiasi tanpa kompromi, meskipun begitu usahakan agar Anda yang memegang kendalinya.

Manfaatkan tiga atau empat kali survei untuk menganalisis harga rumah yang ditawarkan. Moment seperti itu juga sekaligus tarik ulur dengan penjual agar terkesan bisa melakukan negosiasi harga.

4. Tentukan Batas Maksimal Penawaran

Untuk berhasil dalam negosiasi rumah yang akan dibeli, sebaiknya siapkan batas maksimal harga penawaran. Jika penjual rumah terlihat sulit menerima harga di bawah batas maksimal Anda, sebaiknya negosiasi dihentikan agar tidak membuang-buang waktu.

5. Jangan Sebut Harga Lebih Dulu

Yang terakhir, seringkali calon pembeli melakukan kecerobohan dalam bernegosiasi karena menyebut harga pertama kalinya. Justru sebaiknya biarkan penjual menyebutkan harga jual sampai sejauh mana batas akhir penawaran.

 

Rumah dijual di Depok menawarkan berbagai keunggulan yang dimilikinya dengan harga yang bervariasi juga. Sebaiknya Anda melakukan negosiasi terlebih dahulu agar mendapatkan rumah sesuai keinginan.