sakit gigi akibat gigi berlubang dan penanganannya.
Kesehatan
Riger  

Penyebab Proses Gigi Berlubang Bisa Terjadi Dalam Mulut

Hampir semua orang pernah mengalami proses gigi berlubang di dalam mulutnya. Mungkin, itu juga termasuk Anda yang memiliki gigi berlubang dalam mulut Anda. Namun, apa sih yang sebenarnya yang bisa membuat gigi berlubang? Apa saja yang menyebabkan proses pengikisan ini terjadi pada gigi?

Ternyata penyebab gigi bisa berlubang itu ada beragam. Namun, secara keseluruhan bisa dikatakan, gigi berlubang ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran untuk membersihkan gigi secara maksimal.

Walaupun sudah berlubang, sebenarnya gigi masih bisa dirawat, dengan cara menambal gigi, sehingga gigi bisa kembali lagi baik dari segi penampilannya maupun dari fungsinya sebagai alat kunyah. Dengan tambalan ini fungsi gigi bisa kembali menjadi sempurna.

Penyebab Dari Proses Gigi Berlubang

Seperti yang dituliskan sebelumnya, bahwa ada banyak penyebab yang menjadi alasan gigi bisa berlubang. Sebenarnya gigi yang mengalami kerusakan berupa lubang ini tidak rusak atau berlubang begitu saja. Ada proses panjang dan infeksi yang parah yang terjadi pada gigi sampai akhirnya menjadi berlubang. Karena itu, sebenarnya banyak kesempatan untuk Anda untuk mencegah gigi berlubang sampai parah.

Untuk dapat mencegah gigi berlubang, tentu Anda harus memahami penyebab-penyebab dari terjadinya proses ini. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Penumpukan Plak Pada Permukaan Gigi

Penyebab utama dan yang paling umum dari gigi yang berlubang adalah adanya penumpukan plak pada bagian permukaan gigi atau yang sering juga disebut sebagai enamel gigi. Plak pada gigi ini berupa lendir lengket yang melapisi permukaan gigi.

Biasanya dihasilkan karena terlalu banyak mengonsumsi kandungan gula pada makanan. Sayangnya, kandungan gula yang tersisa pada gigi tidak bisa dibersihkan secara maksimal sehingga permukaan gigi diselimuti dengan plak.

Plak pada gigi ini lama-kelamaan akan memiliki sifat yang asam. Karena bersifat asam, lapisan ini bisa merusak enamel gigi dan menggerusnya. Hingga seiring dengan berjalannya waktu, permukaan gigi menjadi berlubang.

Tidak hanya sekedar menjadikan gigi berlubang saja. Plak yang berkumpul di bagian dasar gigi bisa mengeras dan kemudian menjadi karang gigi. Jika sudah menjadi karang gigi, plak akan sangat sulit untuk dibersihkan.

2. Terjadinya Pembusukan Pada Gigi

Gigi sangat rentan pada proses pembusukan yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri ini dapat masuk ke dalam lubang kecil dalam gigi yang tidak teratasi. Kemudian, berkembang biak di dalam lapisan gigi. Akibatnya bagian dalam gigi akan membusuk jaringannya. Pembusukan ini jika tidak diatasi dengan cepat bisa menyebar. Kemudian, sampai ke atas permukaan gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Tidak hanya itu, infeksi ini juga bisa menyebabkan gusi dan bagian rongga mulut lain menjadi membengkak. Efek yang disebabkan oleh infeksi ini bisa berjalan cukup lama. Karena itu, harus ditangani sedini mungkin. Jika bisa, gigi yang membusuk segera dicabut di dokter gigi sebelum gigi menjadi berlubang dan menyebarkan pembusukannya. 

sakit gigi akibat gigi berlubang dan penanganannya.

3. Terjadi Infeksi Pada Gusi

Ternyata penyebab dari gigi yang berlubang tidak selalu datang dari gigi itu sendiri. Bisa saja, datang dari infeksi yang terjadi pada gusi yang ada di bagian bawah gigi. Infeksi pada gusi itu akhirnya menyebar dan mengarah ke gusi bagian dalam gigi.

Tentu saja, bakteri dan kuman ini akan menyebabkan bagian dalam gigi membusuk dan seiring berjalannya waktu bisa merusak dan melubangi gigi. Karena itu, jika terdapat masalah pada gusi, harus segera disembuhkan sebelum merambat ke gigi.

Itulah penyebab dari proses gigi berlubang, setelah mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Anda bisa mulai menjaga kebersihan dan kesehatan gigi agar tidak sampai berlubang. Tapi jika sudah terlanjur berlubang sebaiknya segera ditambal di dokter gigi profesional.

Pemilihan dokter gigi untuk merawat gigi anda yang sudah terlanjur berlubang. Saya hanya akan merekomendasikan klinik gigi yang kompeten dan profesional saja seperti JB Dental Bekasi dan Tooth Signature Jakarta Utara, karena gigi itu bagian yang sensitif dan terhubung dengan banyak saraf. Jika mengobatinya sembarangan, salah-salah malah bikin masalah baru ke depannya.