buku agenda pabrik
Hiburan
Riger  

Seluk Beluk Buku Agenda yang Harus Anda Tahu

Buku agenda adalah buku yang berisi catatan mengenai keluar masuknya surat yang dikirim dan diterima. Agenda secara umum berfungsi untuk mencatat dalam periode tertentu. Buku agenda sendiri ada banyak macamnya berikut beberapa jenis buku agenda:

Buku Agenda Tunggal

Buku agenda tunggal adalah buku agenda yang digunakan untuk melakukan pencatatan surat masuk dan keluar yang ditulis secara keseluruhan dengan bercampur untuk setiap halaman. Dalam buku agenda tunggal format yang digunakan adalah nomor surat, tanggal surat diterima, nama instansi yang mengirim surat, nomor surat, perihal, lampiran dan keterangan.

Buku Agenda Berpasangan

Sesuai dengan namanya, buku agenda berpasangan adalah buku agenda yang dalam penulisannya surat masuk dan keluar ditulis secara berpasangan dalam satu buku agenda.

Buku Agenda Kembar

Buku agenda kembar adalah buku agenda yang secara terpisah memisahkan pencatatan surat masuk dan keluar dalam dua buku terpisah.

buku agenda pabrik

Fungsi Buku Agenda

Sebagai Catatan

Ya, bahkan seringnya para mahasiswa lebih suka menggunakan buku agenda / notebook / binder untuk mencatat materi perkuliahannya loh. Nah, tentunya akan lebih menarik juga saat menggunakan buku agenda custom sesuai dengan karakter atau bentuk yang dibutuhkan.

Sebagai Bukti

Dengan adanya buku agenda maka akan memudahkan dalam melakukan pencarian berkas sebab secara detail buku agenda mencatat setiap surat yang masuk maupun keluar. Ini juga menjadi bukti penerimaan surat dan pengiriman surat.

Mengetahui Jumlah Surat Masuk dan Keluar

Buku agenda dapat membantu perusahaan atau kantor melihat kembali berapa jumlah surat yang masuk maupun keluar dalam periode tertentu.

Mengetahui Nomor Surat

Dengan catatan buku agenda maka akan memudahkan dalam proses pembuatan surat. Hal ini karena surat-surat sebelumnya tertulis dan tercatat dalam buku agenda secara berurutan. Sehingga kamu bisa mencari lebih mudah ketika nanti ada kendala atau problem dari surat yang sudah kamu buat atau simpan hanya dengan mengurut nomor suratnya saja.

Selain itu, beberapa instansi terkadang juga menggunakan Buku Agenda / notebook untuk keperluan Souvenir Seminar / Acara, loh. Dengan mengkustom beberapa bagian mulai dari bentuk jumlah buku hingga penambahan logo instansi dan acara.

 

Bahan Kertas untuk Buku Agenda

Bookpaper

Bahan agenda book paper cukup bagus untuk digunakan sebab cukup tipis, ringan, namun sayangnya mudah sobek. Kertas bookpaper juga sering disebut kertas novel sebab biasanya novel ditulis dengan menggunakan kertas bookpaper. Jika anda menggunakan bookpaper sebagai bahan buku agenda anda maka buku agenda akan terlihat lebih unik.

HVS

Umumnya kertas buku agenda menggunakan kertas HVS, (kertas putih polos yang sering beredar dipasaran itu) untuk bagian isinya. Ketebalan kertas HVS juga bervariasi mulai dari 60 gsm sampai 200 gsm. Biasanya kertas HVS untuk agenda mempunyai ketebalan 100 gsm. Jenis kertas ini sudah sangat umum tak hanya untuk buku agenda namun juga untuk buku sekolah, dokumen kantor, buku, dan laporan.

Superfine Eggshell

Apabila anda sudah mulai bosan dengan bahan buku agenda yang seperti itu itu saja maka anda bisa menggunakan kertas superfine untuk buku agenda anda. Kertas superfine eggshell adalah buku agenda yang sekilas mirip dengan kertas fancy. Bedanya, kertas superfine eggshell memiliki tekstur yang lembut dan berkualitas tinggi. Untuk ketebalannya sendiri cukup bervariasi antara 148 gsm sampai 270 gsm. Kertas ini tetap masih dapat ditulis dengan pensil dan juga pulpen.